Press "Enter" to skip to content

3 latihan dasar yang akan membuat kamu lebih kuat mendaki. Latihan ke 2 bukan Plank Biasa

admin 0

Sebelum sobat Hiking MENDAKI GUNUNG ada baik melakukan 3 LATIHAN DASAR ini terlebih dahulu yang berfungsi untuk memperkuat kekuatan dan stamina sobat hiking saat mendaki gunung jadi tidak mudah capek.

Pada saat ada memulai mendaki gunung ataupun kembali mendaki gunung setelah untuk beberapa waktu tidak mendaki gunung idealnya sobat hiking harus melakukan persiapan 1 bulan atau 2 bulan sebelumnya. Memposisikan tubuh sobat hiking menjadi tubuh yang kuat untuk berolahraga, sehingga kemungkinan badan menjadi cedera lebih kecil. Sehingga pada saat Hiking menjadi lebih fun dan tidak melelahkan.

Latihan ini menargetkan untuk menguatkan otot utama yang biasa digunakan pada saat melakukan pendakian seperti jantung, paha depan dan otot inti. Gabungan komposisi latihan ini dilakukan 3x seminggu, dengan kondisi waktu ideal dilakukan mulai 6 minggu sebelum waktu pendakian.

Berikut 3 latihan utamanya :

1. Latihan Interval Kardio – 4 Lintasan

Latihan interval ini bisa dilakukan dengan cara naik tangga secara manual, bisa menggunakan tangga biasa aja yg biasa digunakan dirumah untuk menuju lantai 2, apabila rumahnya gak ada lantai 2 bisa menggunakan tangga-tangga diluar di tempat umum.

Pertama pilih level yang nyaman dulu untuk melakukan latihan tangga ini setelah 10 menit pemanasan coba naikan level sobat hiking setiap 5 menit kemudian turun lagi ke level awal dan ulangi selama empat set.

latihan kardio sebelum mendaki
Latihan Kardio Tangga

Latihan ini cukup simple sebenarnya hanyak turun naik tangga aja namun manfaatnya luar biasa. Latihan akan melatih sobat hiking untuk menghindari paru-paru terbakar selama nanti melakukan pendakian. Mudah kan?

2. Plank Superman

Plank Superman

Latihan ini akan membantu meminimalkan sakit punggung setelah hari yang panjang di jalan. Dari posisi tengkurap, naikkan siku ke bawah, tarik otot perut, dan tahan selama 15 tarikan napas. Kemudian turunkan ke perut Anda, rentangkan lengan Anda ke atas seperti Superman, dan angkat dada, lengan, dan kaki Anda; tahan selama 15 napas untuk menyelesaikan set pertama Anda.

Lakukan tiga kali set. Untuk meregangkan punggung bawah di antara set, duduklah sebentar dalam pose anak-anak.Mengapa bernapas?Orang cenderung menahan napas saat berolahraga. Menghitungnya membantu Anda menghindari kesalahan itu.

3. Wall Hold ( Pegang Dinding )

Wall hold ( pegang dinding )
Wall hold ( latihan pegang dinding )

Latihan ini berfungsi untuk membangun ketahanan, memperkuat otot-otot kaki, membantu mencegah cedera. Dengan punggung menempel ke dinding dan kaki selebar bahu, geser ke bawah sampai Anda dalam posisi jongkok: paha sejajar dengan lantai, lutut tepat di atas pergelangan kaki Tekan kedua telapak tangan Anda di depan dada dan dorong bahu Anda ke dinding. Tahan sampai Anda tidak dapat menahannya lagi, lalu bertahan selama 5 napas lagi. Untuk meningkatkan intensitas, seimbangkan jari-jari kaki Anda.

Demikian Sobat Hiking, latihan dasar yang sebaiknya kamu lakukan pada saat akan melakukan pendakian. Apakah kamu sudah melakukan ini sebelumnya?atau langsung saja melakukan pendakian?share cerita kamu di kolom komentar ya.

Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *